PROGRAM KERJA
PERPUSTAKAAN SEKOLAH .......
TAHUN PEL. ...........
I. Pendahuluan
Undang-undang RI nomor
20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1
menyebutkan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan
suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif
mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan,
pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan
yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan Negara. Agar suasana belajar
dan proses pembelaajaran tersebut dapat berjalan dengan optimal, maka
diperlukan sarana pendukung yang memadai. Salah satu sarana yang relevan dan
signifikan dalam mewujudkan kondisi dimaksud adalah perpustakaan.
Adapun yang menjadi
landasan hukum selain undang-undang tersebut di atas antara lain:
1. Kep Mendikbud RI No. 0103/O/1991 tentang
Pokok-Pokok Kebijakan
Pembinaan dan Pengembangan
Perpustakaan di Indonesia
2. Surat Edaran Dirjen Pendidikan Dasar dan
Menengah Depdikbud Nomor:
2627/c/T.81 tentang Pembinaan
Perpustakaan Sekolah
3. UU RI No. 2 tahun 1989 Bab VIII pasal 35
4. Program Kerjasama Dirjen Dikdasmen dengan
Kepala Perpustakaan
Nasional RI
Perpustakaan menjadi
sangat strategis dihadirkan dalam mendukung pembelajaran, karena merupakan
salah satu sumber belajar yang dapat dimanfaatkan baik oleh pendidik maupun
peserta didik. Perpustakaan dalam konteks era globalisasi dan informasi sangat
dibutuhkan sebagai upaya memicu dan mamcu kompetensi peserta didik dalam
berbagai bidang kompetensi.
Oleh karena itu, perpustakaan memiliki peranan
dan fungsi yang sangat strategis dalam mendukung pendidikan dan pembelajaran di
sekolah. Perpustakaan tidak hanya berfungsi sebagai tempat meminjam dan membaca
buku, tetapi dapat dikembangkan menjadi rumah belajar modern. Perpustakaan
sebagai rumah belajar modern berfungsi sebagai tempat pelestarian budaya,
sumber informasi, pendidikan dan penelitian serta tempat koleksi buku. Selain
itu Perpustakaan juga menjadi tempat rekreasi sehingga pengunjung/ pengguna
akan betah berlama-lama di tempat tersebut.
Berkaitan dengan hal
tersebut maka pengelolaan perpustakaan harus mendapatkan perhatian dari seluruh
stakeholder pendidikan, baik peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan,
orang tua peserta didik dan masyarakat. Pengelolaan perpustakaan harus
dilakukan baik dari aspek menejemen, sistem pelayanan, penataan koleksi, dan
kenyamanan lingkungan. Untuk mewujudkan perpustakaan yang modern, maka
perpustakaan di masa datang harus semakin dilengkapi dengan sarana dan
prasarana sebagai bentuk antisipasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, seperti kehadiran arena bermain yang nyaman, internet dan audio
visual yang mendukung belajar siswa. Tatkala perpustakaan telah dikelola dengan
professional maka perpustakaan akan hadir sebagai jantungnya sekolah dalam
rangka ikut memicu dan memacu pencapaian visi dan misi sekolah
II. Fungsi dan Tujuan Perpustakaan SMAN 1 Banjar
Perpustakaan SMA Negeri
1 Banjar berfungsi:
a) Sebagai pusat kegiatan
belajar seluruh warga sekolah,
b) Sebagai pusat pelayanan
informasi kepada warga sekolah,
c) Sebagai pusat penelitian
dan rekreasi bagi seluruh warga sekolah
d) Sumber ilmu pengetahuan
bagi warga sekolah
Perpustakaan SMA Negeri
1 Banjar mempunyai 4 tujuan utama yaitu:
a) Memberikan kesempatan bagi
pengunjung untuk membaca bahan pustaka;
b) Menyediakan sumber
informasi yang cepat, tepat, dan murah bagi pengunjung;
c) Membantu pengunjung
untuk mengembangkan kemampuan yang dimilikinya sehingga bermanfaat dalam
kehidupan bermasyarakat;
d) Perpustakaan bertindak
sebagai pusat kehidupan budaya bagi masyarakat sekitar.
III. Sejarah Perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar
Secara de facto dan de
yure SMA Negeri 1 Banjar berdiri pada tanggal 23 Agustus 1993. Namun, pada saat
pembangunan unit gedung baru (UGB) SMAN 1 Banjar, belum dilengkapi dengan
pembangunan gedung perpustakaan. Gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar
sebagai bagian dari keberadaan SMA Negeri 1 Banjar berdiri pada tahun 1999 yang
terletak disebelah timur bagian tengah dari keseluruhan gedung SMAN 1 Banjar.
Sejak berdirinya gedung
perpustakaan SMAN 1 Banjar, maka bebagai sumber belajar, seperti buku paket,
alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan funsi
dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun
sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan untuk
meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah.
Hadirnya gedung
perpustakaan SMAN 1 Banjar merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam
meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMAN 1 Banjar. Penataan
dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan
area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi: (1) Area lesehan, terdiri dari
a) Kolekasi buku referensi dan Kamus, b) Audio Visual, c) Meja Baca Lesehan,
(2) Area Koleksi dan ruang baca, (3) Area Kerja dan Ruang Sirkulasi, (4) Area
Baca Klasikal (meja lingkar), dan (5) Area fasilitas internet dan printer.
Pada tahun pelajaran
2011/2012, perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar dikelola oleh 3 orang, yang terdiri
dari 1 kepala perpustakaan dan 2 staf. Dengan motto Berkarya Dan
Berkreasi Untuk Prestasi Dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan
bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam
mewujudkan visi dan misi sekolah.
IV. Visi dan Misi Perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar
Visi
Terwujudnya perpustakaan
yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni
dan agama.
Misi
1. Memberikan layanan yang
ramah, tegas, tertib dan tangkas
2. Penerapan teknologi
informasi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomatisasi
3. Menjadikan perpustakaan
sebagai jantungnya pendidikan sekolah
4. Meningkatkan
kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat
informasi lain
V. Fasilitas, Layanan, dan Koleksi Perpustakaan SMA Negeri 1
Banjar
Fasilitas
1. Komputer (internet)
dengan 3 unit komputer untuk pengunjung dan 1 unit printer (black dan color)
2. Pendingin ruangan (Kipas
Angin) 2 unit
3. Area Referensi, Lesehan,
dan Ruang Audio Visual (TV)
4. Area Klasikal
Layanan
1.
Kegiatan Pembelajaran di perpustakaan
2.
Peminjaman koleksi
3.
Buku referensi
4.
Layanan Multimedia (TV, VCD, DVD dan kaset)
5.
Penelusuran Informasi melalui daftar katalog
6.
Internet (browsing), pengetikan dan printer (black dan color)
7.
Media massa; surat kabar, majalah, tabloid, bulletin dan jurnal
8.
Bimbingan PemakaI
Koleksi
1.
Referensi, berupa; Ensiklopedi (ensi) : Ensi Pengetahuan Populer,
Ensi matematika dan peradaban manusia, Ensi Negara dan bangsa, Ensi IPTEK
2.
Kamus Bahasa, Eksak (fisika, Kimia, Biologi dan TI)
3.
Laporan, karya Ilmiah (Laporan Penelitian, Makalah, Tugas Akhir,
majalah, kliping, Laporan Karya Wisata)
4.
Buku Pelajaran dari berbagai penerbit setiap mata pelajaran
5.
Fiksi: Novel Klasik, Novel Remaja, Novel Keagamaan
6.
Non- Fiksi: Majalah (Gemari, Horizon, Gerbang), Surat kabar (Bali
Post), Tabloid (Tokoh, Wyata Mandala)
BAB II
RENCANA KEGIATAN PERPUSTAKAAN
Rencana kerja
perpustakaan sekolah yang tertuang dalam program kerja perpustakaan secara umum
akan mengacu pada tugas pokok perpustakaan sekolah, tujuan institusi, visi
dan misi sekolah. Hal ini didasari oleh kepentingan bersama untuk menciptakan
suasana kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien.
1. PROGRAM JANGKA PANJANG
a. Menerapkan sistem
layanan perpustakaan berbasis ICT;
b. Menerapkan E-Library
learning;
c. Merealisasikan kualitas
dan kuantitas buku minimal 5.000 judul dengan 15.000 eks
pada tahun 2018;
d. Terciptanya ruangan
perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan.
2. PROGRAM JANGKA PENDEK
a. Menyediakan dan
menghimpun bahan pustaka, informasi, sesuai kurikulum sekolah;
b. Menyediakan dan melengkapi
fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan;
c. Mengolah dan
mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu shingga memudahkan
penggunaannya;
d. Melaksanakan layanan
perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik;
e. Meningkatkan minat bacan
murid, guru, dan staf tata laksana;
f. Menambahkan koleksi
bahan pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pegguna layanan
perpustakaan;
g. Pembuatan proposal
permintaan buku/majalah/jurnal pada beberapa lembaga/instansi/penerbit tertentu;
h. Memelihara bahan pustaka
agar tahan lama dan tidak cepat rusak.
i. Menerbitkan kartu
perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana;
j. Menerbitkan berbagai
administrasi perpustakaan (kartu buku, kantong, lebeling, catalog buku, dll;
k. Inventarisasi,
klasifikasi dan katalogisasi bahan pustaka;
l. Entry data anggota
perpustakaan pada Sistim Informasi Perpustakaan (SIP);
m. Pelayanan peminjaman
buku perpustakaan;
n. Penerbitan Surat Tandan
Bebas Perpustakaan (STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan
Ijazah;
o. Mengikuti beberapa lomba
perpustakaan sekolah, baik tingkat kabupaten, provinsi atau nasional
PROGRAM PENGEMBANGAN
|
||||||||
PERPUSTAKAAN SASTRA
BHAWANA
|
||||||||
SMA NEGERI 1 BANJAR
|
||||||||
NO
|
URAIAN KEGIATAN
|
VOL/ KEBUTUHAN
|
KET
|
|||||
2013/ 2014
|
2014/ 2015
|
2015/ 2016
|
2016/ 2017
|
2017/ 2018
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
PROGRAM JANGKA PANJANG
|
||||||||
A
|
Program Pengembangan
Sarana Prasarana
|
|||||||
1
|
Menerapkan Sistem
Layanan Perpustakaan Berbasis IT
|
|||||||
a. Komputer
|
10 unit
|
2 unit
|
2 unit
|
2 unit
|
2 unit
|
2 unit
|
||
b. CD
|
215 keping
|
175 keping
|
10 keping
|
10 keping
|
10 keping
|
10 keping
|
||
c. LCD
|
1 unit
|
0
|
0
|
1 Unit
|
||||
d. Terciptanya ruangan
perpustakaan yang memadai, kondusif dan menyenangkan ( Rehabilitasi Gedung
Perpustakaan
|
2 Lantai
|
Rehab pembangunan DAK
|
-
|
2 Lantai
|
-
|
-
|
||
B
|
Program Pengembangan
Koleksi Buku
|
|||||||
1
|
Merealisasikan kualitas
dan kuantitas buku
|
5000 judul 15.000 eksp
|
592 Judul 1.975 eksp
|
592 Judul 1.975 eksp
|
592 Judul 1.975 eksp
|
592 Judul 1.975 eksp
|
592 Judul 1.975 eksp
|
|
C
|
Program Pengembangan
Profesi Pustakawan
|
Diklat dan seminar setiap
tahun
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
|
PROGRAM JANGKA PENDEK
|
||||||||
1
|
Menambahkan koleksi bahan
pustaka secara berkala untuk memenuhi kebutuhan pengguna layanan perpustakaan
|
592 Judul 1975 eksp
|
592 Judul 1975 eksp
|
|||||
2
|
Menyediakan dan
melengkapi fasilitas perpustakaan sesuai kebutuhan
|
|||||||
a. Rak Buku
|
3 Unit
|
3 Unit
|
||||||
b. Komputer Untuk OPAC
dan Internet
|
2 Unit
|
2 Unit
|
||||||
3
|
Mengolah dan
mengorganisasikan bahan pustaka dengan sistem tertentu sehingga memudahkan
penggunaannya
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
4
|
Melaksanakan layanan
perpustakaan yang sederhana, mudah dan menarik
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
5
|
Meningkatkan minat baca
siswa dengan memberikan reward bagi peminjam buku dan pengunjung perpustakaan
terbanyak
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
6
|
Pembuatan Proposal
permintaan buku/ majalah/ jurnal pada beberapa instansi / lembaga/penerbit
tertentu
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
7
|
Memelihara bahan pustaka
agar tahan lama dan tidak cepat rusak
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
8
|
Menerbitkan kartu
perpustakaan bagi siswa, guru dan staf tata laksana
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
9
|
Menerbitkan berbagai
administrasi perpustakaan ( kartu buku, kantong, labeling, katalog buku, dll)
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
10
|
Entry data anggota
perpustakaan pada sistem Informasi Perpustakaan ( PAS/ OPAC)
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
11
|
Pelayanan peminjaman buku
perpustakaan
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
12
|
Penerbitan Surat Tanda
Bebas Perpustakaan ( STBP) bagi siswa kelas XII sebagai syarat pengambilan
Ijasah
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
ü
|
||
14
|
Mengikuti lomba
Perpustakaan ( bila ada)
|
PROGRAM KERJA PERPUSTAKAAN SMA NEGERI 1 BANJAR
TAHUN PELAJARAN 2013/2014
NO
|
PROGRAM
|
KEGIATAN
|
WAKTU PELAKSANAAN
|
PENANGGUNG JAWAB
|
ALOKASI DANA
|
SUMBER DANA
|
MEKANISME UMPAN BALIK
|
|||
MULAI
|
SELESAI
|
KOMITE
|
BOS
|
LAIN-LAIN
|
||||||
1
|
Peningkatan
administrasi perpustakaan
|
Penyusunan program
kerja dari semua unsur
|
24/07/2013
|
25/07/2013
|
Kepala Perpustakaan
|
-
|
||||
2
|
Program Pengembangan
Koleksi Perpustakaan
|
Penambahan Koleksi Buku
Perpustakaan
|
01-Agust-13
|
01-Mei-13
|
Waka. Sarpras
|
18.000.000
|
v
|
Kunjungan Ke
Perpustakaan bertambah
|
||
3. P
|
Program
Perawatan Koleksi Perpustakaan
|
Perbaikan, Perawatan
Koleksi
|
01-Agust-13
|
01-Mei-13
|
Waka. Sarpras
|
1.000.000
|
v
|
Koleksi koran
bisa terawat dengan baik
|
||
Program Perawatan
Ruang dan Inventaris Perpustakaan
|
Perawatan Ruang
|
01-Agust-13
|
01-Mei-13
|
Waka. Sarpras
|
500.000
|
v
|
Terciptanya Ruang
Perpustakaan yang nyaman dengan koleksi yang menarik dan terawat dengan baik
|
|||
Pengadaan LCD Monitor
|
01-Agust-13
|
30-Agust-13
|
Waka. Sarpras
|
1.550.000
|
v
|
Dapat memberikan
pelayanan kepada siswa dengan maksimal
|
||||
Pengadaan Komputer Sistem
Otomasi Peerpustakaan
|
01-Agust-13
|
30-Agust-13
|
Waka. Sarpras
|
5.000.000
|
v
|
Untuk
memudahkan pengelolaan administrasi dan layanan perpustakaan sekolah
|
||||
Pembelian Kartu prabayar
untuk Internet Ceria
|
01-Agust-13
|
01-Mei-13
|
Waka. Sarpras
|
1.800.000
|
v
|
dapat memberikan
kemudahan informasi kepada pengguna , selain koleksi yang sudah ada
|
||||
Service Komputer
|
01-Agust-13
|
30-Agust-13
|
Waka. Sarpras
|
1.000.000
|
v
|
dapat memberikan
kemudahan informasi kepada pengguna , selain koleksi yang sudah ada
|
||||
Pengadaan Kartu
Perpustakaan
|
25-Jul-13
|
31-Jul-13
|
Waka. Sarpras
|
500.000
|
v
|
Memudahkan sirkulasi
bahan pustaka
|
||||
Kegiatan Lomba untuk
meningkatkan minat baca
|
01-Okt-13
|
31-Okt-13
|
Kep. Sek
|
1.000.000
|
v
|
Untuk meningkatkan minat
Baca Siswa
|
||||
Pengadaan Rak/ Etalase
|
01-Agust-13
|
30-Agust-13
|
Waka. Sarpras
|
3.500.000
|
v
|
Koleksi
Buku bisa terawat dengan baik
|
||||
5
|
Peningkatan mutu SDM
|
Diklat Pengelola
Perpustakaan
|
01-Agust-13
|
01-Mei-13
|
Kep. Sek
|
1.000.000
|
v
|
Meningkatkan
Profesionalisme Pustakawan/pengelola perpustakaan
|
BAB III
PENUTUP
Berdasarkan urian
tersebut dapat ditunjukkan bahwa Rencana Kegiatan dan Anggaran perpustakaan
SMAN 1 Banjar berorientasi kepada peningkatan kualitas pendidikan dan
pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu, dukungan dari warga sekolah mutlak
diperlukan dalam rangka meningkatkan efektivitas dan efisiensi pencapaian
tujuan dimaksud. Tatkala dukungan hadir dari segenap komponen warga sekolah
maka dapat diyakini bahwa pencapaian tujuan dimaksud dapat dicapai sesuai
harapan.
Berkaitan dengan hal
tersebut maka Rencana Kegiatan dan Anggaran Perpustakaan SMAN 1 Banjar ini
disusun sebagai bentuk kesungguhan pengelolaan dari petugas yang relevan. Di
samping itu juga Rencana Kegiatan dan Anggaran ini dijadikan sebagai acuan
untuk menyamakan persepsi dan menyatukan langkah untuk menwujudkan tujuan visi
dan misi sekolah. Akhirnya dengan segala hormat dukungan dari seluruh warga
sekolah sangat diharapkan dan atas segala partisipasinya diucapkan terima
kasih, semoga kebaikan selalu datang dari segala penjuru.
Banyuatis,
24 Juli 2013
Mengetahui
Kepala perpustakaan
Kepala SMA N 1
BANJAR
Drs. I Made
Ngawi
Luh Putu Suciasih. P
NIP. 19591231 198603 1 278
NIP. 19750202 199702 2 002
No comments:
Post a Comment